Tentang Fahd Pahdepie

Home / About

Fahd Pahdepie, lahir di Cianjur 22 Agustus 1986, adalah seorang penulis, pengusaha, dan aktivis. Saat ini ia merupakan Staf Ahli Kantor Staf Presiden Republik Indonesia untuk bidang politik dan orang muda. Fahd merupakan salah satu dari 20 pemimpin muda berpengaruh versi Australia-ASEAN Emerging Leaders Program.

Pada tahun 2017 ia dinobatkan sebagai Outstanding Young Alumni oleh Australia Awards dan Australia Global Alumni. Tahun 2018, ia mendapatkan Outstanding Achievement Awards dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan menjadi alumni termuda yang mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut.

Sebagai penulis ia telah menerbitkan banyak buku best-seller, di antaranya Hidup Berawal dari Mimpi (2011), Rumah Tangga (2015), Sehidup Sesurga (2016), Jodoh (2016), dan Hijrah Bang Tato (2017) yang akan segera diangkat ke layar lebar. Tahun 2010, ia mendapatkan Ahmad Wahib Award dari Yayasan Paramadina dan Hivos Foundation Belanda atas komitmennya untuk toleransi dan kebebasan beragama.
Setelah lulus dari Monash University, Australia, ia memutuskan untuk terjun ke dunia usaha. Saat ini ia memimpin berbagai unit bisnis termasuk Digitroops Indonesia (PT Dua Rajawali Teknologi Indonesia) yang bergerak di bisnis digital dan advertising, PT Umrah Leadership Series, PT Visi Matahari Pagi yang membawahi sejumlah café, barbershop, dan co-working space, dan lainnya.

Selain itu, Fahd juga banyak terlibat di berbagai kegiatan sosial, filantropi, dan aktivisme. Ia juga kerap menjadi pembicara di berbagai forum nasional dan Internasional. Tahun 2017 ia menggagas Gerakan Umrah Gratis yang memberangkatkan banyak kaum dhuafa untuk berumrah secara gratis melalui program crowdfunding. Tahun 2018, ia menyelenggarakan tur keliling Indonesia melalui platform diskusi anak muda bernama Revolusi Kedai Kopi.

Bukunya yang terakhir, Muda, Berdaya, Karya Raya (Republika, 2019), menginspirasi ribuan orang di seluruh Indonesia.